SIKAP

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap berlandaskan nilai-nilai ahlussunnah wal jama’ah
  2. Menunjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan nilai agama, norma, dan etika
  3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan terstruktur
  4. Memiliki integritas, bersikap jujur dan mampu mengemban kepercayaan serta beradab
  5. Taat kepada tata tertib dan aturan yang ada serta mampu mengajak orang lain untuk bersikap yang sama
  6. Menyadari dan mau memahami serta memperhatikan kebutuhan dan kepentingan pihak lain
  7. Memberikan dorongan, semangat dan inspirasi bagi pihak lain untuk berusaha mencapai tujuan bersama dan tergerak untuk menghasilkan karya terbaiknya
  8. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk kemajuan peradaban berdasarkan Al Qur’an dan Hadist serta nilai-nilai pancasila


KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji serta mengimplementasi ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan keahliannya berdasarkan kajian teknis, ekonomis, estetika dan lingkungan hidup.
  3. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Mampu menunjukkan kinerja mandiri dan team work secara terukur dan berkualitas.
  5. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
  6. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan Bahasa Indonesia / Bahasa Inggris yang baik dan benar.
  7. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahliannya, berdasarkan data faktual dilapangan.
  8. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun diluar lembaganya.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan menggunakan perangkat lunak.


PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep teoritis yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem tenaga listrik.
  2. Menguasai prinsip, teknik rancangan serta rekayasa sistem tenaga listrik.
  3. Menguasai pengetahuan dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini di bidang renewable energi.
  4. Cepat tanggap pada issue terkini dalam bidang sosial, ekonomi dan sains serta lingkungan hidup secara umum.
  5. Mengetahui dan menguasai konsep managemen baik dibidang proyek maupun dibidang energi.


KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu menerapkan matematika, sains dan prinsip rekayasa untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem tenaga listrik.
  2. Mampu menemukan sumber masalah rekayasa pada sistem tenaga listrik melalui proses penyelidikan, analisis, dan data informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa.
  3. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa pada sistem tenaga listrik konvensional dan renewable energi.
  4. Mampu merumuskan solusi alternatif untuk masalah rekayasa pada sistem tenaga listrik dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, serta lingkungan hidup.
  5. Mampu merancang sistem tenaga listrik dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknik, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, sosial serta lingkungan hidup.
  6. Mampu memilih sumber daya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa pada sistem tenaga listrik.
  7. Mampu menerapkan sistem tenaga listrik dibidang renewable energi dan pengelolaan energi secara berkelanjutan.